.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }
Your Adsense Link 728 X 15

Tari Meuseukat

Posted by Kustio Delta Haryono Monday 9 September 2013 0 comments
 Bila anda mengetahui Tarian yg dikerjakan dng langkah duduk bersila serta dikerjakan oleh wanita Tarian Ratéb Meuseukat yg datang dari aceh. nama Ratéb Meuseukat datang dari bhs Arab yakni Ratéb asal kata ratib yg berarti ibadat serta Meuseukat asal tuturnya dari sakat yg artinya diam.

Tari Ratéb Meuseukat adalah di antara Tarian aceh yg datang dari aceh. nama Ratéb Meuseukat datang dari bhs Arab yakni Ratéb asal kata ratib berarti ibadat serta Meuseukat asal kata sakat yg artinya diam.

menurut sumber, Tari Ratéb Meuseukat ini diciptakan oleh anak teungku abdurrahim atau biasa dimaksud habib seunagan ( nagan raya ), namun syair atau rateb-nya diciptakan oleh teungku chik di saat, seorang ulama di seunagan yg hidup pada abad ke xix. isi serta kandungan syairnya terdiri dari sanjungan serta puji-pujian pada allah serta nabi. Tarian ini dimainkan oleh sebanyak wanita dng baju kebiasaan aceh.

awal mulanya Tarian ini dimainkan sesudah selesai mengaji pelajaran agama saat malam hari sebagai

Tarian Ratéb Meuseukat telah populer ke Mancanegara, perihal ini karena keindahan, kedinamisan, serta kecepatan gerakannya.
banyak yg salah mengartikan Tarian Ratéb Meuseukat dng Tarian saman. walau sebenarnya pada nyatanya mereka tidak sama. Tarian saman datang dari suku gayo, didalam kehidupan penduduk gayo Tarian ini berperan sebagai alat pemersatu, perihal ini bisa dilihat dari timbulnya sistem kekerabatan baru didalam pranata sosial penduduk gayo lues, arti “Berserinen” adalah di antara sistem, serinen berarti bersahabat.

Tarian zaman juga tak dulu dikerjakan oleh seorang wanita dikarenakan gerakannya yg keras. namun Tarian Ratéb Meuseukat dikerjakan oleh wanita. bila Tari saman umumnya tak memakai instrument, sebaliknya Tari rateb Meuseukat ditemani oleh rapa’i serta geundrang.

sekarang ini, Tari ini adalah Tari yg sangat populer di Indonesia. perihal ini karena keindahan, kedinamisan serta kecepatan gerakannya. Tari ini amat kerap disalahartikan sebagai Tari saman dari suku gayo. walau sebenarnya pada ke-2 Tari ini ada perbedaan yg amat jelas. perbedaan utama pada Tari Ratéb Meuseukat dng Tari saman ada 3 yakni, pertama Tari saman memakai bhs gayo, namun Tari Ratéb Meuseukat memakai bhs aceh. ke-2, Tari saman dibawakan oleh lelaki, namun Tari Ratéb Meuseukat dibawakan oleh wanita. ketiga, Tari saman tak diiringi oleh alat musik, namun Tari Ratéb Meuseukat diiringi oleh alat musik, yakni rapa’i serta geundrang.

keterkenalan Tarian ini layaknya sekarang ini tak terlepas dari peran salah seorang tokoh yg memperkenalkan Tarian ini di pulau jawa yakni Marzuki Hasan atau biasa disapa pak Uki.
media dakwah. selanjutnya Tari Ratéb Meuseukat dipertunjukan juga pada upacara Agama serta hari-hari besar, layaknya upacara perkawinan, serta yang lain yg tak bertentangan dng agama.

berbaris menyamping sembari bernyanyi, Tarian itu yaitu

0 comments:

Post a Comment