.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }
Your Adsense Link 728 X 15

Tari Beskalan(Malang)

Posted by Kustio Delta Haryono Sunday, 20 January 2013 0 comments
Selama ini koreografi tehnik hanya dikupas untuk mendapatkan pemahaman yang bersifat simbolik, yaitu dengan melakukan interpretasi dari aspek etimologi, dan bertujuan untuk mendeskripsikan struktur luar. Hasilnya hany sebatas penjelasan deskriptif mengenai uraian dibalik alas an-alasan tentang peristilahan, fase-fase rangkaian gerak, makna pola lantai (formasi), atau berupa tata urutan penyajian (struktur fisikal), sementara makna dibalik berbagai fenomena kehadiran tari kurang mendapat pemahaman secara lebih mendalam.

Tari Beskalan
Tari beskalan adalah salah satu bentuk tari putrid yang berkembang dari bentuk tari ritual, khususnya sebagai medium upacara yang erat kaitannya dengan eksistensi bumi atau tanah, yang kemudian sekitar tahun 1930-an berkembang menjadi bentuk tari yang berkaitan erat dengan pertunjukan “andong”, sejenis tayub yang pertunjukan secara berkeliling “mbarang” atau “amen”.
  1. Pengertian Istilah
Menurut istilah Beskalan berasal dari kata jawa Bit-Kal. Bit, berawal dari kata bibit atau bakal. Kal, berawal dari kata cikal atau awal (kawitan). Pengertian Beskalan yang dipahami memiliki makna awal atau permulaan, pertimbangan itu dikaitkan dengan seni pertunjukan yang erat kaitannya dengan tari Beskalan, yaitu ludruk atau tayub. Pada seni pertunjukan ludruk atau tayub selalu diawali dengan sajian tari Beskalan sebagai tari pembuka
  1. Asal Usul Tari Beskalan
Asal usul tari beskalan yang berkembang di malang tidk didapatkan data yang jells, tetapi asal usul itu dapat disimak dari cerita lisan. Yaitu tari beskalan berkembang sekitar tahun 1930-an, hal ini didasarkan dari cerita lisan penari beskalan senior.
  1. Fungsi Tari Beskalan
Tari beskalan adalah salah satu bentuk tari pemujaan leluhur, sebagai ritual pengharapan, pengharapan kesehatan (segerwaras), keselamatan (selamet), dan kesuburan. Maka eksistensi tari beskalan tampak lebih mungkin sebagai media dalam berbagai ritus, bahkan diikuti dengan metodologi yang memberikan dukungan terhadap kelangsungan eksistensinya.

0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

KALENDER

WINDOWS LIVE MESSENGER